Bila
Anda anda alami gagal login, maka anda akan akan dapati alasannya yang
tertera dibawah form. Apabila NUPTK anda tidak ditemukan, bisa jadi
karena hal-hal berikut ini
1. Belum mengisi NUPTK di data DAPODIK.
2. Terjadi salah ketik saat isi NUPTK. Atau
3. data data DAPODIK anda belum terkirim ke database.
Untuk
mengecek dan merubah guna perbaiki kesalahan pada pengisian data. Maka
bisa dilakukan pada aplikasi pendataan yang tersedia di sekolah via
operator dan kemudian di transfer kembali ke database DAPODIK
Pertanyaan seputar permasalahan Data yang muncul :
Pertanyaan: "Kenapa Data "Total JJM Sesuai" saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??"
Jawaban:
Berikut penjelasannya: (1) Data yg kami ambil menggunakan data input
semester 1 tahun 2012 (2) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah),
JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier
(JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya) 3) Contoh
perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas
1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26
jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau
sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.
Pertanyaan: "Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik)."
Jawaban:
Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi
Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data
telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data
selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di
web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada
guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami
karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.
Pertanyaan:
"Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer
17 ?" Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis
data Kelulusan Sertifikasi yang diterbitkan Pusbangprodik BPSDMP &
PMP. Kode bidang studi yang ditampilkan diambil dari Nomor Peserta
Kelulusan Sertifikasi (digit ke 7, 8 , 9). Kode invalid dapat terjadi
jika : 1) Pengisian Kode NUPTK di Dapodik belum benar. 2) Ada kesalahan
NUPTK atau Nomor Peserta di data Kelulusan Solusinya adalah memperbaiki
NUPTK di data Dapodik, atau memperbaiki Data Kelulusan melalui operator
Aplikasi Tunjangan P2TK Dikdas di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya salah password"
Jawaban:
Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12
April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl
lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas
menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik
bapak/ibu.
Pertanyaan: "Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan"
Jawaban:
Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input.
Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/
operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah
dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika
pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat
login dengan sendirinya.
Pertanyaan: "Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah"
Jawaban:
Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update
data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan
dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini
kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan
PTK di kolom tugas ptk.
Pertanyaan: "Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru"
Jawaban:
Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk
database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu
sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi
dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu
sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar